Thursday, May 16, 2019

PENGELOMPOKAN ANIMALIA

PENGELOMPOKAN ANIMALIA

filum kingdom animalia - header
Artikel Biologi kelas X kali ini akan membahas tentang Filum Kingdom Animalia yang menginspirasi karakter-karakter dalam serial SpongeBob SquarePants.
---
Kata siapa seorang akademisi bidang eksak nggak bisa menghasilkan sesuatu yang kreatif? Seringnya menemukan kalau seorang akademisi itu selalu berkutat dengan penelitian dan tulisan-tulisan ilmiiah. Coba lihat deh teman-teman di kelas kamu yang pintar matematika, fisika, kimia, apakah mereka senang dengan suatu kesenian? Menggambar gitu misalnya. Mungkin jawabannya ada, tapi tidak banyak.
Nah, salah satu seorang yang berlatar belakang eksak tapi sukses di dunia industri kreatif ialah Stephen Hillenburg. Ia merupakan lulusan Biologi dari Humboldt State University di Amerika Serikat. Kamu pernah mendengar siapa itu Stephen Hillenburg?
filum kingdom animalia - stephen hillenburg
Ya, ia merupakan penulis, sutradara, dan pembuat karakter animasi SpongeBob SquarePants. Nggak nyangka kan? Ternyata latar belakang pendidikannya disalurkan dalam pembuatan sebuah acara televisi. Nah, ngomong-ngomong tentang Spongebob, artikel kali ini akan membahas tentang 9 filum kingdom animalia yang ternyata di dalamnya menjadi inspirasi dari beberapa karakter tokoh di Spongebob. Ada apa saja sih? Scroll terus ya Squad.

1. Porifera
Porifera berasal dari bahasa Latin pous (pori) dan fer (membawah). Artinya, porifera merupakan hewan yang ada di bawah laut dan memiliki pori. Nama kerennya “spons”. Iya, spons yang kamu pakai buat mencuci piring tersebut merupakan hewan laut. Nah dalam seri animasi Spongebob, hewan inilah yang menjadi tokoh utamanya.
Ada tiga kelas dari filum porifera ini yakni Cacarea, Hexactinellida, dan Demospongiae. Tuh kan ada kata-kata “sponge”-nya. Porifera atau spons ini tubuhnya yang memiliki pori-pori berfungsi menangkap makanan berupa plankton atau bakteri. Porifera perlu dijaga lho Squad. Ini karena ia menjadi hewan yang menyusun terumbu karang. Pasti kamu udah tau dong seberapa pentingnya terumbu karang bagi keseimbangan laut?
filum kingdom animalia - porifera spongebob
Nah Squad, sekarang kamu tahu kan kalau karakter Spongebob itu merupakan hewan laut yang benar-benar ada? Penasaran dengan Squidward dan Patrick nggak? Baca terus ya.

2. Coelenterata
“Berburu ubur-ubur…”
“Berburu ubur-ubur…”
Siapa yang sering mengucapkan ucapan tersebut ya? Ya, si porifera alias Spongebob. Nah, ternyata ubur-ubur itu dalam filum Coelenterata. Berasal dari bahasa Yunani “coelom” yang berarti berongga dan “enteron” yang artinya perut. Yap, Coelenterata merupakan hewan dengan rongga pada tubuh. Mulutnya dikelilingi tentakel yang memiliki sel penyengat.
Coba deh kamu ingat-ingat, kalau Spongebob sering kan disengat atau disetrum sama ubur-ubur? Nah, itu karena ada sel penyengat. Kenapa bisa menyengat? Ini karena tentakelnya terdapat kapsul knidoblas yang di dalamnya terdapat sel nematokis.

filum kingdom animalia - popok ubur-ubur


3. Mollusca
Di filum mollusca ini kayaknya paling banyak karakter Spongebob yang diambil deh. Ada dua tokoh yakni Gary dan Squidward. Nggak percaya? Jadi tuh mollusca merupakan hewan yang tubuhnya lunak. Ada yang pakai cangkang dan tidak memakai cangkang. Mollusca dipelajari secara khusus lho Squad di cabang zoologi yang disebut dengan malacologi. Ukuran tubuh dari mollusca ini bervariasi. Hewan di filum ini tidak memilki tulang belakang ya.
filum kingdom animalia - siput beracun
Filum mollusca terbagi menjadi lima kelas Squad. Amphineura, Gastropoda, Cephalopoda, Scaphopoda, dan Pelecypoda. Nah, Gary si siput laut peliharaan Spongebob itu masuk ke kelas Gastropoda. Hewan pada kelas ini bergerak menggunakan perut dan umumnya punya cangkang sebagai pelindung. Kalau Squidward itu masuk ke dalam kelas Cephalopoda. Hewan yang ada di dalam kelas ini memiliki kaki yang terletak di kepalanya. Oh iya, Cephalopoda ini punya tentakel juga lho.

4. Arthropoda
“Uang….uang….uang…”
“Aku butuh uang…”
Tebak siapa yang sering ngomong begitu di serial Spongebob? Ya, tepat sekali, Tuan Krab. Ternyata dia masuk ke dalam filum arthropoda lho Squad. Arthropoda merupakan hewan yang memiliki tubuh dan kaki beruas-ruas. Arthropoda ada yang hidup di darat dan hidup di laut. Alat pernafasannya pun berbeda, kalau yang didarat itu menggunakan paru-paru buku atau permukaan kulit. Nah kalau yang di laut menggunakan insang.
Tuan Krab ini masuk ke dalam filum arthropoda dengan kelas Crustacea. Kelas ini anggota tubuhnya terdiri dari sefalotoraks dan abdomen. Punya sepasang kaki di setiap ruas eksoskeleton. Yap, contohnya itu udang windu, kepiting, dan kutu air. Selain Crustacea ada juga Arachnoida, Myriapoda, dan Insecta.

5. Echinodermata
Sahabat Spongebob yang satu ini selain lucu, ngeselin, tapi kok jadi favorit ya?
filum kingdom animalia - patrick spongebob
Patrick si bintang laut berwarna merah muda ini memang menggemaskan dengan tingkah lakunya yang konyol. Tapi, tahukah kamu kalau Patrick masuk ke dalam kelas Asteroidea dari filum Echinodermata? Yap, Asteroidea merupakan hewan dengan permukaan tubuhnya memiliki duri pendek dan kaki tabung. Memiliki bentuk tubuh simetri radial pentameral (terbagi lima).
Selain Asteroidea, kelas-kelas dalam Echinodermata antara lain Ophluroidea, Echinoidea, dan Holothuroidea. Ada fakta menarik nih Squad, salah satu hewan yang masuk dalam filum ini, teripang (timun laut), memiliki kemampuan yang unik. Teripang dapat melakukan regenerasi bagian tubuhnya yang hilang dalam waktu yang sangat cepat. Bahkan ada penelitian jika tubuh teripang itu dipotong-potong, maka tiap potongan tersebut akan menjadi teripang utuh dalam waktu 2 jam.
filum kingdom animalia - infografik-1
Sebenarnya nggak cuma 5 filum yang termasuk dalam Kingdom Animalia, masih ada Platyhelminthes, Annelida, Nemathelminthes, dan Chordata. Buat kamu yang masih penasaran dengan penjelasan filum-filum di Kingdom Animalia ini, bisa cari tahu lebih banyak kok di ruangbelajar. Semua filum akan dijelaskan dengan animasi-animasi yang keren dan lucu. Pasti bikin kamu makin paham deh. Gabung sekarang juga ya.

No comments:

Post a Comment