Tuesday, November 6, 2018

LATIHAN 2 BHS INDONESIA

LATIHAN 2 BHS INDONESIA

1. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Makin bernas bulir padi, makin merunduk tangkainya.
(2) Makin ia berwawasan, makin ia merendahkan hati seperti merunduknya setangkai padi yang berbulir bernas.
(3) Seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan dan pendidikan tinggi akan seperti padi.
(4) Begitu pula manusia yang berilmu dan berpendidikan tinggi.
(5) Setangkai padi yang mulai berisi akan merunduk.
Susunan kalimat-kalimat di atas yang tepat sehingga membentuk sebuah paragraf argumentatif adalah....
a. (1)-(3)-(5)-(2)-(4)
b. (2)-(4)-(3)-(5)-(1)
c. (3)-(5)-(1)-(4)-(2)
d. (4)-(2)-(1)-(5)-(3)
e. (5)-(1)-(2)-(4)-(3)


2. Tujuan seorang penulis menggunakan tabel dalam tulisannya adalah untuk ....
a. menerangkan bahwa kejadian benar-benar ada
b. membuktikan bahwa peristiwa benar-benar terjadi
c. meyakini pendapatnya secara lebih jelas dan terperinci
d. menggambarkan suatu keadaan sebagaimana yang benar-benar terjadi
e. memengaruhi pembaca agar menyetujui pendapat yang dikemukakannya


3.  Mendengarkan kata-kata anak penggembala itu, Landorundum lalu mengaku dan berkata, “Akulah yang sebenarnya mengambil buah menggamu dan terserah kepadamu hukuman apa yang harus kujalani.”
Berdarkan penggalan kutipan di atas, dapat disimpulkan bahwa watak Landorundum adalah ....
a. jantan
b. sombong
c. pengecut
d. terus terang
e. tanggung jawab


4. Bentuk ringkasan masih mempertahankan adanya ....
a. urutan bab dan subbab
b. daftar isi dan sudut pandang
c. sudut pandang dan bahasa
d. perbandingan isi dan kerangka
e. urutan isi, sudut pandang, dan perbandingan
5.Sebuah karangan dibagi atas paragraf-paragraf. Dalam membentuk suatu paragraf diperlukan suatu syarat. Syarat-syarat paragraf yang baik adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. kalimat disusun secara logis
b. tidak boleh ada kalimat sumbang
c. bahasa yang digunakan harus efektif dan formal
d. menggunakan kata-kata yang bermakna denotatif
e. kalimat-kalimatnya dibuat panjang sehingga melelahkan pembaca


6. Berikut ini yang bukan merupakan penggambaran tokoh secara tidak langsung adalah ....
a. cara berdandan
b. cara berpakaian
c. pelukisan bentuk lahir
d. pelukisan aksi tokoh lain
e. pelukisan jalan pikiran dan perasaan


7. Kopi bubuk olahan pabrik memang lebih memikat. Pengemasannya lebih rapi dan sangat tertutup. Adapun kopi bubuk hasil olahan tangan dikemas dalam plastik yang tidak didesain dan hanya “disegel” dengan klip staples. Dengan tampilan yang  berbeda itu, kecenderungan banyak orang lebih memilih kopi bubuk dalam kemasan yang rapi dan menarik. Padahal dari segi rasa, banyak orang berpendapat justru hasil pengolahan secara tradisional itulah yang lebih nikmat.
Pernyataan yang berupa fakta terdapat pada kalimat ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima


8. Berikut kalimat yang merupakan sebuah opini adalah ....
a. Pemilik rumah produksi lebih suka memakai tenaga lulusan SLTA.
b. Soal kreativitas hanya dipermasalahkan oleh sekelompok individu.
c. Pemirsa pada umumnya menerima apa pun yang disajikan oleh stasiun televisi.
d. Dalam kultur dan semangat gotong royong, sinema televisi Indonesia terus tumbuh.
e. Jika kecenderungan ini berlangsung terus, sinetron nasional sulit memperoleh apresiasi dari masyarakat.


9. Seruling di pasir ipis merdu
    Antara gundukan pohon pina
    Tembaga menggema di dua kaki
Citraan pendengaran pada penggalan puisi di atas terdapat pada kalimat ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. pertama dan kedua
e. kedua dan ketiga


10. Berikut merupakan kriteria puisi yang baik, kecuali ....
a. memakai ragam bahasa sastra
b. menggunakan kata-kata konotatif
c. penggunaan gaya bahasa parelelisme
d. banyak menggunakan perulangan bunyi
e. menggunakan jumlah kata yang berbeda dalam baris-barisnya

(Penggalan cerita rakyat untuk soal nomor 11-13)
Beribu tahun yang lalu, hidup seekor naga raksasa yang berwarna merah. Dia sudah bosan hidup di bumi. Dikumpulkannya binatang-binatang lain untuk diajak hidup di balik awan. Ada sebuah tempat yang aman dan indah. Semua binatang yang ikut disuruhnya naik ke punggungnya. Ternyata yang ikut cukup banyak dan baru terasa bahwa tak mungkin mengangkut seluruh binatang yang ikut.
Naga merah menggeliat, mendengus, mengeram, dan akhirnya terbang. Sampai setinggi pohon, ia baru akan terjerembab jika yang menunggangi punggungnya tidak dijatuhkan.

11. Latar tempat cerita di atas adalah ....
a. awan
b. bumi
c. bulan
d. planet
e. angkasa


12. Cerita di atas merupakan cerita rakyat berjenis ....
a. mite
b. sage
c. fabel
d. legenda
e. hikayat


13. Berdasarkan penggalan cerita di atas, dapat disimpulkan bahwa sifat tokoh Naga Merah adalah....
a. suka memerhatikan nasib kawan-kawannya
b. ceroboh dan tidak bertanggung jawab terhadap tindakannya
c. senang melihat kawannya menderta karena perbuatannya
d. sombong dan suka memamerkan kekuatannya di hadapan kawan-kawannya
e. merasa senang jika mengetahui kawan-kawanya mendapat kecelakaan


14.  Masuknya globalisasi dalam semua segi, baik media, ekonomi, politik, maupun sistem pemikiran, membawa implikasi terhadap makin terbukanya masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern. Hubungan antarmanusia mulai teralienasi, ada keterasingan. Ayah dan ibu mulai bekerja, sementara masyarakat pun sibuk dengan urusannya sendiri. Tanggung jawab pendidikan bagi anak-anak tidak lagi bertumpu pada keluarga, masyarakat, dan sekolah. Anak-anak pun luar biasa perkembangannya. Sekolah bukan lagi sekedar tempat belajar sesuai kurikulum formal, tetapi juga sebagai ajang ekspresi pengalaman pribadi yang diperoleh dengan kurikulum lain.
Berikut merupakan informasi yang terdapat dalam paragraf di atas, kecuali ....
a. Globalisasi membawa implikasi terhadap makin terbukanya masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern.
b. Globalisasi mengakibatkan hubungan antarmanusia mulai teralienasi.
c. Globalisasi tidak mengakibatkan keterasingan manusia dalam keluarga maupun masyarakat.
d. Tanggung jawab pendidikan anak-anak bertumpu pada diri mereka masing-masing.
e. Sekolah bukan lagi sekedar menjadi tempat belajar sesuai kurikulum formal, tetapi juga sebagai ajang ekspresi pengalaman pribadi.


15. Gunung tinggi diliputi awan
Berteduh langit malam hari
Terdengar kampung memanggil
Rasakan hancur tulang berulang
Penggalan puisi di atas menggambarkan ....
a. kerinduan yang mendalam pada kampung halaman
b. keindahan gunung yang puncaknya selalu berawan
c. perkampungan yang dipayungi awan biru yang indah
d. keindahan gunung yang menjulang tinggi
e. seakan kampung halaman memanggilnya


16.  Jalan Surabaya sudah dikenal turis mancanegara. Simaklah buku-buku panduan mengenai pariwisata Indonesia terbitan luar negeri, pasti nama jalan Surabaya di dalamnya. Tak heran jika banyak wisman menjadikannya sebagai salah satu daerah tujuan wisata selama di Jakarta.
Informasi berikut terdapat pada paragraf di atas, kecuali ....
a. Jalan Surabaya merupakan satu-satunya daerah tujuan wisata selama di Jakarta.
b. Turis mancanegara telah mengenal Jalan Surabaya.
c. Jalan Surabaya tercantum dalam buku panduan wisata terbitan luar negeri.
d. Jalan Surabaya merupakan daerah tujuan wisata yang ada di Jakarta.
e. Jalan Surabaya terkenal sampai ke luar negeri.


17. Seorang pakar mendapat tugas untuk berceramah di depan para mahasiswa di bidang ilmu yang dimiliki. Ia berusaha agar ceramahnya nanti dapat sistematis dan tidak terpancang pada teks.
Metode pidato yang paling tepat digunakan oleh pakar tersebut adalah ....
a. impromptu
b. menghafal
c. naskah
d. ekstemporan
e. serta-merta


18. Berikut ini merupakan ciri-ciri karya sastra Melayu klasik, kecuali ....
a. anonim
b. istana sentris
c. bersifat pralogis
d. masyarakat sentris
e. berkembang secara statis


19. Pertanyaan mengenai sastra Melayu klasik di bawah ini yang tidak tepat adalah ....
a. Aspek kebahasaan dalam sastra Melayu klasik tidak banyak dicampuri oleh kosakata Eropa.
b. Semua sastra Melayu klasik sudah jelas terikh dan pengarangnya.
c. Karya sastra Melayu klasik berupa hasil terjemahan.
d. Karya sastra Melayu klasik dipengaruhi oleh sastra Hindu.
e. Sastra Melayu klasik bersifat pralogis.


20. Kurangnya kesadaran para remaja dalam mencintai lingkungan dapat dilihat dari sikap apatis dalam diri mereka. Di mana-mana kita lihat coret-coretan yang mereka torehkan di tembok-tembok pagar, dinding rumah, dinding sekolah, jembatan, papan nama, dan bagian papan penunjuk arah bus kota. Belum lagi kurangnya kepedulian mereka dalam menciptakan lingkungan bebas dari sampah. Padahal mereka sudah diimbau bahkan diberikan penyuluhan, baik di sekolah maupun di lingkungan mereka.
Wacana di atas termasuk jenis karangan ....
a. persuasi
b. deskripsi
c. argumentasi
d. eskposisi
e. narasi

No comments:

Post a Comment