Thursday, May 16, 2019

PENGERTIAN FUNGI DAN KLASIFIKASINYA

PENGERTIAN FUNGI DAN KLASIFIKASINYA

Jamur dulunya diklasifikasikan sebagai tanaman. Sekarang, mereka dikenal memiliki ciri-ciri unik yang membedakan mereka dari tumbuhan. Misalnya, dinding sel jamur mengandung kitin, bukan selulosa. Apa nama jamur ini (gambar 1)? Tentu saja kapang. Tapi apa jenis jamur ini? Ada ribuan spesies yang dikenal dari jamur. Bagaimana mereka diklasifikasikan?

Ciri-ciri umum jamur

Jamur (Fungi) memiliki kesamaan ciri-ciri antara lain sebagai berikut.
a. Organisme eukariotik, karena mempunyai membran inti.
b. Dinding selnya terdiri dari zat kitin.
c . Tidak memiliki klorofil.
d. Bersifat heterotrof (saprofit, parasit, atau simbiotik).
e. Tubuhnya ada yang uniseluler dan ada juga yang multiseluler. Fungi multiseluler tersusun atas benang- benang hifa membentuk anyaman yang disebut miselium. Hifa ada yang bersekat (septum), ada yang tidak bersekat (aseptum) sehingga mempunyai banyak inti yang disebut senositik.
f. Reproduksi secara aseksual dan seksual.
  • Reproduksi secara aseksual dengan pem- bentukan kuncup (pada khamir), fragmentasi, dan pembentukan spora aseksual (berupa sporangiospora atau konidia).
  • Reproduksi secara seksual dengan konjugasi dan pembentukan spora seksual ( berupa zigospora, askospora, dan basidiospora).
g. Habitat Fungi yaitu di darat (terestrial) dan di tempat lembap.

Klasifikasi Jamur

Untuk waktu yang lama, para ilmuwan menganggap jamur sebagai bagian dari anggota kingdom tumbuhan karena mereka memiliki kesamaan yang jelas dengan tanaman. Baik jamur dan tumbuhan sama-sama tidak bergerak, memiliki dinding sel, dan tumbuh di atas tanah. Beberapa jamur, seperti lumut kerak (lichen), bahkan terlihat seperti tanaman (lihat Gambar di bawah).

Kingdom Jamur (fungi)

Hari ini, jamur tidak lagi diklasifikasikan sebagai tumbuhan. Kita sekarang tahu bahwa mereka memiliki fisik sifat kimia yang unik, dan sifat-sifat genetik yang membedakan mereka dari tumbuhan dan eukariota lainnya. Misalnya, dinding sel jamur terbuat dari kitin, bukan selulosa. Juga, jamur menyerap nutrisi dari organisme lain, sedangkan tanaman membuat makanan mereka sendiri. Ini hanya beberapa alasan jamur sekarang ditempatkan dalam kingdom mereka sendiri.
jamur dan lumut
Lumut (Tanaman) dan Lichen Tumbuh di kulit pohon. Keduanya adalah jamur dan lumut yang tumbuh di pohon ini. Dapatkah Anda membedakan mereka?

Filum jamur

Klasifikasi jamur di bawah tingkat kingdom masih kontroversial. Tidak ada satu, sistem yang diterima secara luas dari klasifikasi jamur. Kebanyakan klasifikasi termasuk beberapa filum (takson utama berikutnya di bawah kingdom). Tiga dari filum yang paling umum dapat dilihat perbandingannya pada Tabel di bawah ini.
kapang
gambar 1
FilumPenjelasan ciri-ciriContoh
ZygomycotaFilum Zygomycota berisi dua kelas, kelas Zygomycetes dan kelas Trichomycetes. Karena sebagian Trichomycetes adalah parasit atau komensal dalam usus arthropoda yang hidup, mereka hanya menjadi sebuah catatan. Zygomycota, atau jamur konjugasi, termasuk jamur, seperti yang menyerang roti dan produk makanan lainnya. Karakteristik untuk mengidentifikasi dari Zygomycota adalah pembentukan zygospora selama reproduksi seksual dan tidak adanya dinding sel hifa kecuali dalam struktur reproduksi. Banyak (sekitar 100 spesies) yang dikenal merupakan simbion pada akar tanaman.terutama terestrial, hidup di tanah dan kompos dan pada makanan seperti roti.
  • hidupnya ada yang saprofit dan ada yang parasit
  • Multiseluler
  • Hifa tidak bersekat
  • membentuk zigospora
  • dinding sel mengandung kittin
  • reproduksi aseksual dengan fragmentasi dan spora
  • reproduksi seksual dengan konjugasi
1.      jamur roti hitam2.      Rhizopus sp.(jamur tempe)
3.      Rhizopus stolonifer
4.      Pilobolus
Basidiomycota Istilah Basidiomycota berasal dan bahasa Yunani, basidium yang artinya alas kecil. Seluruh jamur Basidiomycota memiliki struktur tubuh bersel banyak (multiseluler) dengan hifa bersekat. Hifa bercabang-cabang membentuk miselium. Miselium tersusun padat membentuk tubuh buah makroskopis, namun ada pula yang tidak membentuk tubuh buah.
Tubuh buah Basidiomycota disebut basidiokarp atau basidiokarpus. Bentuk basidiokarp bervariasi, antara lain seperti payung, lingkaran, kancing, atau telinga manusia. Pada bagian bawah payung terdapat bilah-bilah berbentuk lembaran seperti insang (gill) tempat basidium menghasilkan basidiospora sebagai alat reproduksi secara seksual. Jumlah basidiospora yang dihasilkan bisa, mencapai miliaran.
Stinkhorn merupakan Basidiomycota yang menghasilkan sekumpulan basidiospora yang berlendir, lengket, dan berbau busuk sehingga menarik lalat atau serangga lain untuk membantu penyebaran spora jamur.
memiliki banyak bentuk yang berbeda, banyak variasi ada pun dalam spesies
  • jamur makroskopik
  • bentuk tubuh buahnya kebanyakan seperti paying
  • hifa bersekat melintang dengan satu atau dua inti
  • ada yang dapat dimakan
  • reproduksi aseksual dengan fragmentasi dam membentuk konidia
  • reproduksi seksual dengan membentuk spora basidium
1.      Volvariella volvacea : jamur merang.2.      Auricularia polytricha : jamur kuping.
3.      Exobasidium vexans : parasit pada pohon teh.
4.      Amanita muscariadan Amanita phalloides : jamur beracun di daerah subtropis
5.      Ustilago maydis : jamur api, parasit pada jagung.
6.      Puccinia graminis : jamur karat, parasit pada gandum
Ascomycota Kelompok jamur Ascomycota memiliki ciri utama, yaitu menghasilkan askosporasebagai hasil reproduksi seksual. Askospora dihasilkan oleh alat reproduksi seksual, yaitu askus.Askus memiliki bentuk struktur seperti kantong. Ascomycota ada yang bersel satu dan ada yang bersel banyak. Ascomycota multiseluler memiliki hifa yang bersekat. Pada beberapa jenis Ascomycota, hifa bercabang-cabang membentuk miselium dan tersusun kompak menjadi tubuh buah makroskopis yang disebut askokarp atau askokarpus. Bentuk askokarp bervariasi, antara lain berbentuk botol, bola, dan mangkok. Pada askokarp terdapat banyak askus yang di dalamnya terdapat askospora.ditemukan di semua ekosistemdarat di seluruh dunia, pun di Antartika, sering terlibat dalam hubungan simbiosis.
  • Hidup: parasit, saprofit, bersimbiosis dengan ganggang membentuk Lichenes (Lumut kerak)
  • Uniseluler dan multiseluler
  • hifa bersekat melintang, bercabang – cabang dan berinti banyak
  • dinding sel mengandung kittin
  • reproduksi aseksual dengan membentuk kuncup, fragmentasi dan pembentukan konidia
  • reproduksi seksual dengan membentuk spora askus
1.       ragi roti (Sacharomyces cerevisae)2.      Neurospora sitophilaatau jamur oncom
3.      Peniciliium nojajum dan Penicillium chrysogenum : antibiotika pe-nisilin.
4.      Penicillium camemberti dan Penicillium roqueforti: pengharum keju.
5.      Aspergillus oryzae: sake dan kecap
6.      Aspergillus wentii: kecap
7.      Aspergillus flavus : racun aflatoksin β hidup pada biji-bijian, qflatoksin à kanker hati
8.      Claviceps purpurea: parasit pada bakal buah Gramineae
Ringkasan
Jamur dulunya diklasifikasikan sebagai tanaman. Sekarang, mereka dikenal memiliki ciri-ciri unik yang membedakan mereka dari tumbuhan. Misalnya, dinding sel jamur mengandung kitin, bukan selulosa, dan jamur menyerap makanan dan bukan membuat mereka sendiri. Di bawah tingkat kingdom, klasifikasi jamur masih kontroversial.

No comments:

Post a Comment