1. Saat akan membuat teks hasil observasi, terlebih dahulu perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan teks observasi, seperti….
a. mengetahui objek dengan baik
b. menilai objek secara keseluruhan
c. mengamati objek yang akan diobservasi
d. melakukan penelitian terhadap objek
e. meneliti objek dengan sesama
2. Berkaitan dengan aspek kebahasaan, dalam pembuatan teks laporan hasil observasi ini harus memperhatikan penggunaan bahasa. Salah satunya memperhatikan penggunaan….
a. kelas kata
b. paragraf
c. hubungan antarkalimat
d. hubungan antarparagraf
e. keterkaitan antara kata satu dengan lainnya
3. Informasi yang dihadirkan dalam teks laporan adalah hasil dari observasi dan analisis secara….
a. tersusun baik
b. sistematis
c. terprosedur
d. terealisasi
e. terarah dan terencana
4. Kegiatan interprestasi lebih memfokuskan dan memprioritaskan pada pengkajian bagian-bagian yang ada dalam sebuah….
a. teks
b. teks deskripsi
c. teks narasi
d. teks argumentasi
e. teks laporan
5. Berikut ini termasuk fungsi dari teks laporan hasil observasi, kecuali….
a. memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab tugas dan kegiatan pengamatan
b. memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, kepustusan atau pemecahan masalah dalam pengamatan
c. merupakan sumber informasi
d. merupakan bahan untuk pendokumentasian
e. merupakan hasil analisis dari teks laporan
6. Berikut ini termasuk jenis-jenis kalimat yang biasa digunakan dalam pembuatan teks laporan hasil observasi, kecuali….
a. kalimat tanya
b. kalimat simple
c. kalimat kompleks
d. kalimat definisi
e. kalimat deskripsi
7. Salah satu sifat yang harus dimiliki teks laporan hasil observasi adalah sifat informatif, artinya….
a. mengetahui objek dengan baik
b. menilai objek secara keseluruhan
c. mengamati objek yang akan diobservasi
d. melakukan penelitian terhadap objek
e. meneliti objek dengan sesama
2. Berkaitan dengan aspek kebahasaan, dalam pembuatan teks laporan hasil observasi ini harus memperhatikan penggunaan bahasa. Salah satunya memperhatikan penggunaan….
a. kelas kata
b. paragraf
c. hubungan antarkalimat
d. hubungan antarparagraf
e. keterkaitan antara kata satu dengan lainnya
3. Informasi yang dihadirkan dalam teks laporan adalah hasil dari observasi dan analisis secara….
a. tersusun baik
b. sistematis
c. terprosedur
d. terealisasi
e. terarah dan terencana
4. Kegiatan interprestasi lebih memfokuskan dan memprioritaskan pada pengkajian bagian-bagian yang ada dalam sebuah….
a. teks
b. teks deskripsi
c. teks narasi
d. teks argumentasi
e. teks laporan
5. Berikut ini termasuk fungsi dari teks laporan hasil observasi, kecuali….
a. memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab tugas dan kegiatan pengamatan
b. memberitahukan atau menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, kepustusan atau pemecahan masalah dalam pengamatan
c. merupakan sumber informasi
d. merupakan bahan untuk pendokumentasian
e. merupakan hasil analisis dari teks laporan
6. Berikut ini termasuk jenis-jenis kalimat yang biasa digunakan dalam pembuatan teks laporan hasil observasi, kecuali….
a. kalimat tanya
b. kalimat simple
c. kalimat kompleks
d. kalimat definisi
e. kalimat deskripsi
7. Salah satu sifat yang harus dimiliki teks laporan hasil observasi adalah sifat informatif, artinya….
a. teks laporan hasil observasi sesuai dengan kenyataan
b. teks laporan hasil observasi sesuai fakta
c. teks laporan hasil observasi dapat dikomunikasikan dengan siapa pun
d. teks laporan hasil observasi dapat dijadikan sebagai sumber pengalaman orang lain jika melakukan hal serupa
e. teks laporan hasil observasi menggunakan bahasa ilmiah
8. Perhatikan teks berikut!
Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Bencana alam dapat terjadi dimana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam. Itulah sebabnya Indonesia mengalami bencana alam terutama gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor.
Dari teks tersebut yang termasuk dalam definisi umum laporan tersebut adalah….
a. Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia.
b. Bencana alam dapat terjadi dimana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia.
c. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam.
d. Itulah sebabnya Indonesia mengalami bencana alam.
e. Bencana alam di Indonesia, seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor.
9. Perhatikan contoh teks eksposisi berikut!
Sinar matahari dapat menguapkan air yang berasal dari permukaan laut dan tumbuhan. Setelah air menguap terjadi penggumpalan uap air menjadi awan. Setelah kandungan uap air cukup banyak, air diturunkan dengan bantuan angin. Air yang turun meresap ke pori-pori tanah, sebagian menjadi cadangan dalam tanah dan sebagian lagi menuju permukaan laut. Kondisi ini terjadi berulang-ulang dengan cara yang sama.
Isi teks tersebut adalah siklus….
a. peresapan air
b. penggumpalan awan
c. penyinaran matahari
d. terjadinya hujan
e. terjadinya laut
10. Perhatikan teks berikut!
Pemerintah akan memberi bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakan. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 Juta. Warga yang rumahnya rusak sedang akan mendapatkan bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat akan mendapatkan bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dan pengawasan dari pihak LSM.
Teks tersebut termasuk jenis teks eksposisi….
a. proses
b. klasifikasi
c. ilustrasi
d. perbandingan
e. laporan
c. teks laporan hasil observasi dapat dikomunikasikan dengan siapa pun
d. teks laporan hasil observasi dapat dijadikan sebagai sumber pengalaman orang lain jika melakukan hal serupa
e. teks laporan hasil observasi menggunakan bahasa ilmiah
8. Perhatikan teks berikut!
Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Bencana alam dapat terjadi dimana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam. Itulah sebabnya Indonesia mengalami bencana alam terutama gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor.
Dari teks tersebut yang termasuk dalam definisi umum laporan tersebut adalah….
a. Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia.
b. Bencana alam dapat terjadi dimana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia.
c. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam.
d. Itulah sebabnya Indonesia mengalami bencana alam.
e. Bencana alam di Indonesia, seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor.
9. Perhatikan contoh teks eksposisi berikut!
Sinar matahari dapat menguapkan air yang berasal dari permukaan laut dan tumbuhan. Setelah air menguap terjadi penggumpalan uap air menjadi awan. Setelah kandungan uap air cukup banyak, air diturunkan dengan bantuan angin. Air yang turun meresap ke pori-pori tanah, sebagian menjadi cadangan dalam tanah dan sebagian lagi menuju permukaan laut. Kondisi ini terjadi berulang-ulang dengan cara yang sama.
Isi teks tersebut adalah siklus….
a. peresapan air
b. penggumpalan awan
c. penyinaran matahari
d. terjadinya hujan
e. terjadinya laut
10. Perhatikan teks berikut!
Pemerintah akan memberi bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakan. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 Juta. Warga yang rumahnya rusak sedang akan mendapatkan bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat akan mendapatkan bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dan pengawasan dari pihak LSM.
Teks tersebut termasuk jenis teks eksposisi….
a. proses
b. klasifikasi
c. ilustrasi
d. perbandingan
e. laporan
11. Perhatikan teks berikut!
Metode cara belajar yang baik adalah belajar secara rutin dan teratur. Penyerapan suatu konsep dengan sedikit demi sedikit sesuai dengan kapasitas daya serap otak yang mempunyai keterbatasan. Kalau melakukan aktifvitas belajar dengan kuantitas tinggi dalam suatu waktu bisa dipastikan banyak konsep yang tidak terserap oleh otak kita. Hal itu sama dengan mengisikan air ke dalam botol. Pengisian harus dilakukan sedikit demi sedikit agar air dapat masuk secara optimal. Jika kita langsung menuangkan air dalam jumlah banyak, pasti banyak juga air yang tumpah dan tidak masuk ke dalam botol.
Teks tersebut termasuk pola pengembangan teks eksposisi….
a. analogi
b. contoh
c. sebab-akibat
d. akibat-sebab
e. generalisasi
12. Perhatikan teks anekdot berikut!
Seorang tua tengah menggembalakan keledainya dipadang rumput, tiba-tiba dikejutkan dengan teriakan beberapa tentara musuh. “Cepat larinya,” teriak si Tua itu si keledai, “Jangan sampai mereka menangkap kita.” Tetapi si keledai tetap kalem berjalan. “Katakan,” ujar si keledai, “Jika jatuh ke tangan musuh apa aku harus membawa beban dobel?” “Kukira tidak,” jawab si Tua. “Lalu apa peduliku dengan siapa yang akan ku layani? Toh bebanku sama saja.” Si Tua pun berlari meninggalkan keledai.
Pada teks tersebut yang termasuk struktur koda adalah….
a. Seorang tua tengah mengembalakan keledainya di padang rumput.
b. Tiba-tiba dikejutkan dengan teriakan beberapa tentara musuh.
c. “Cepat larinya,” teriak si Tua itu si keledai, “Jangan sampai mereka menangkap kita.” Tetapi si keledai tetap kalem berjalan.
d. “Katakan,” ujar si keledai, “Jika jatuh ke tangan musuh apa aku harus membawa beban dobel?” “Kukira tidak,” jawab si Tua.
e. Si Tua pun berlari meninggalkan keledai.
Metode cara belajar yang baik adalah belajar secara rutin dan teratur. Penyerapan suatu konsep dengan sedikit demi sedikit sesuai dengan kapasitas daya serap otak yang mempunyai keterbatasan. Kalau melakukan aktifvitas belajar dengan kuantitas tinggi dalam suatu waktu bisa dipastikan banyak konsep yang tidak terserap oleh otak kita. Hal itu sama dengan mengisikan air ke dalam botol. Pengisian harus dilakukan sedikit demi sedikit agar air dapat masuk secara optimal. Jika kita langsung menuangkan air dalam jumlah banyak, pasti banyak juga air yang tumpah dan tidak masuk ke dalam botol.
Teks tersebut termasuk pola pengembangan teks eksposisi….
a. analogi
b. contoh
c. sebab-akibat
d. akibat-sebab
e. generalisasi
12. Perhatikan teks anekdot berikut!
Seorang tua tengah menggembalakan keledainya dipadang rumput, tiba-tiba dikejutkan dengan teriakan beberapa tentara musuh. “Cepat larinya,” teriak si Tua itu si keledai, “Jangan sampai mereka menangkap kita.” Tetapi si keledai tetap kalem berjalan. “Katakan,” ujar si keledai, “Jika jatuh ke tangan musuh apa aku harus membawa beban dobel?” “Kukira tidak,” jawab si Tua. “Lalu apa peduliku dengan siapa yang akan ku layani? Toh bebanku sama saja.” Si Tua pun berlari meninggalkan keledai.
Pada teks tersebut yang termasuk struktur koda adalah….
a. Seorang tua tengah mengembalakan keledainya di padang rumput.
b. Tiba-tiba dikejutkan dengan teriakan beberapa tentara musuh.
c. “Cepat larinya,” teriak si Tua itu si keledai, “Jangan sampai mereka menangkap kita.” Tetapi si keledai tetap kalem berjalan.
d. “Katakan,” ujar si keledai, “Jika jatuh ke tangan musuh apa aku harus membawa beban dobel?” “Kukira tidak,” jawab si Tua.
e. Si Tua pun berlari meninggalkan keledai.
13. Berikut ini termasuk mengevaluasi unsur kebahasaan dalam teks anekdot, kecuali....
a. Mempertanyakan apakah pilihan kosakatanya sesuai dengan laras dan sifatnya.
b. Mempertanyakan apakah isinya bermanfaat sehingga layak baca atau dimengerti orang lain.
c. Mempertanyakan apakah ejaannya betul atau sudah sesuai dengan kaidah ejaan bahasa Indonesia.
d. Mempertanyakan apakah struktur kalimat-kalimatnya sesuai dengan kaidah.
e. Mempertanyakan apakah ada kalimat yang efektif atau tidak baku, apakah ada kalimat yang kurang santun.
14. Makna yang terkandung atau tersembunyi merupakan pengertian dari…
a. makna
b. makna tersirat
c. makna tersurat
d. teks
e. struktur teks
15. Hikayat biasanya memiliki amanat yang mutlak, yaitu pelajaran mengenai perjuangan, kejujuran, dan budi luhur lainnya, serta ditulis secara….
a. eksplisit
b. implisit
c. tersurat
d. tersirat
e. terbuka
16. Gaya bahasa adalah cara pengarang mengungkapkan ide, gagasan, dan perasaan yang diolah sedemikian rupa sehingga tercipta….
a. kebaikan dari tokoh
b. keindahan dari unsur kebahasaan
c. kebaikan dari isi hikayat
d. kesan bagi si pembaca
e. penyampaian yang baik
b. Mempertanyakan apakah isinya bermanfaat sehingga layak baca atau dimengerti orang lain.
c. Mempertanyakan apakah ejaannya betul atau sudah sesuai dengan kaidah ejaan bahasa Indonesia.
d. Mempertanyakan apakah struktur kalimat-kalimatnya sesuai dengan kaidah.
e. Mempertanyakan apakah ada kalimat yang efektif atau tidak baku, apakah ada kalimat yang kurang santun.
14. Makna yang terkandung atau tersembunyi merupakan pengertian dari…
a. makna
b. makna tersirat
c. makna tersurat
d. teks
e. struktur teks
15. Hikayat biasanya memiliki amanat yang mutlak, yaitu pelajaran mengenai perjuangan, kejujuran, dan budi luhur lainnya, serta ditulis secara….
a. eksplisit
b. implisit
c. tersurat
d. tersirat
e. terbuka
16. Gaya bahasa adalah cara pengarang mengungkapkan ide, gagasan, dan perasaan yang diolah sedemikian rupa sehingga tercipta….
a. kebaikan dari tokoh
b. keindahan dari unsur kebahasaan
c. kebaikan dari isi hikayat
d. kesan bagi si pembaca
e. penyampaian yang baik
17. Keterangan tempat, waktu, dan suasana yang mendasari sebuah cerita. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….
a. latar
b. setting
c. alur
d. penokohan
e. sudut pandang
18. Fiksi atau cerita rekaan biasanya berbentuk….
a. cerita
b. buku
c. kisah hidup
d. novel dan cerpen
e. kisah realita manusia
19. Buku-buku nonfiksi merupakan buku yang dibuat berdasarkan….
a. kenyataan
b. opini publik
c. pendapat para pakar buku
d. masukan dari pebisnis
e. motivator
20. Buku motivasi sering ditulis oleh….
a. seseorang
b. pengarang
c. penulis
d. motivator
e. penyair
No comments:
Post a Comment